RSS

Ikutan Cellular Workshop HME

10 May

Hari ini mungkin hari yang padat bagi saya. Bagaimana tidak, dari jam 8 sampai jam17.00 saya di CC Timur buat mengikuti cellular workshop yang diadain HME. Wah tampaknya namanya keren banget tuh tapi waktu acara dimulai ternyata isinya seminar dan praktek tentang reparasi handphone. Hahaha.. Kena tipu ya? Ga koq, dulu-dulu juga udah tau kalo isinya kaya gitu tapi mungkin bungkusnya yang istimewa. Ga masalah sih isinya apa yang penting saya dapat ilmu dan pengetahuan tentang cara kerja handphone terutama jeroannya serta bagaimana cara bongkar pasang handphone yang rusak.

Saya sendiri sih sebenarnya merasa tertantang karena cukup mudah untuk mereparasi handphone bila ada alatnya. Selain dengerin ceramah dari QUADRANT (yang memberi materi), saya juga praktek langsung bagaimana mencopot dan memasang kembali komponen handphone terutama IC. Ah, ternyata gampang sekali. Yang penting ada alatnya jadi deh walaupun ada beberapa komponen yang terkesan susah untuk dipasang seperti IC yang kakinya ada dibawah itu. Eh, ternyata ada juga alat buat masang tu IC. Cuma yang penting ada plat buat nyetak kaki-kaki yang akan disambungkan ke PCB itu aja jadi deh. tentu saja diolesi timah cair dan dipanasi dengan hot air (semacam hairdryer dengan suhu tinggi). Owh, ternyata begitu ya. Gampang donk kalo cuma mo ganti IC. Kita buktikan aja besok kalo ada alatnya lagi. Hehehe…

Selain hardware, kita juga dikenalkan pada level software. Bagaimana cara mengganti bahasa pada ponsel, membuka lock kode, sampai mengganti IMEI dari sebuah handphone. Sudah barang tentu kita tidak dengan mudah mengganti-ganti isi cari sebuah handphone. Untuk menampilkan data tersebut digunakan sebuah alat blackbox yang terhubung dengan handphone dan komputer. Yah semacam modem kalo dalam telekomunikasi. Ternyata mahal juga tu blackboxnya, harganya berkisar 800000an. Waw.. tadi saya sempat coba tapi cuma bentar dan hanya untuk seri-seri yang udah jadul. Kita ga bisa mencoba untuk seri yang baru atau tipe lain selain nokia. Masalahnya dari pagi sampai siang dan sampai sore mereka selalu mengomongkan nokia dan nokia. Ga pernah menyinggung lebih mendalam tentang merk lain.

Memang sih pertumbuhan dunia telekomunikasi terutama GSM telah memberikan dampak yang sangat luas bagi pengguna dan pembuka lapangan kerja bagi setiap orang yang mau menekuni di bidang ini. Ntah jual pulsa, jual beli handphone, service / reparasi, jual assesoris handphone, dll. Ini adalah ladang uang yang sangat menggiurkan karena semakin bertumbuhnya pengguna handphone saat ini. Mungkin bisa menjadi pekerjaan utama bila Anda menekuninya dengan benar. Bisakah saya berkecimpung didunia ini? Tunggu aja tanggal mainnya!🙂

 
1 Comment

Posted by on May 10, 2008 in diary, Technology, Telecomunication

 

Tags: , , ,

One response to “Ikutan Cellular Workshop HME

  1. elokcomputer

    June 26, 2008 at 5:05 pm

    mudah g sie berkecimpung di dunia elektronik?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: