RSS

Workshop Wirausaha Muda Mandiri di Jakarta

04 Dec

Hari ini bank mandiri mengadakan acara puncak Workshop Wirausaha Muda Mandiri di Jakarta Convention Center. Acara ini merupakan serangkaian acara tour ke beberapa universitas di kota-kota besar di Indonesia kemudian acara saat ini adalah penganugerahan wirausahawan muda terbaik.

Acara pembuka adalah seminar yang disampaikan dari beberapa narasumber yang memiliki latar belakang berbeda tetapi sama statusnya yaitu entrepreneur. Pemaparan yang cukup menarik dan menggugah jiwa kita untuk menjadi entrepreneur dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Rasanya itu adalah perbuatan yang sangat mulia tapi ya emang bener itu sangat mulia. Oleh karena itu saya juga menjadi termotivasi dan memiliki semangat untuk mengembangkan jiwa tersebut kemudian suatu saat akan benar2 terwujud. Sekarang mulai dari yang kecil terlebih dahulu.

Pemaparan demi pemaparan dilaksanakan dengan baik. Mereka kebanyakan bercerita dari awal mereka membangun usaha sampai sekarang menjadi besar seperti ini. Seperti misalnya Pak Nadjikh. Dia memiliki usaha yang bergerak di bidang seafood. Dia melakukan apa yang disebut peningkatan nilai barang. Dengan diolah dan dikemas maka ikan yang di pantai biasanya disampar pake kaki bisa di konsumsi oleh orang. Dari hal yang dianggap tidak penting malah menjadi lahan yang subur untuk menghasilkan uang. Eksport seafoodnya pun sudah mencapai beberapa negri bahkan sampai ke gedung putih.

Selain di sektor pangan, menjadi entreprenuer bisa dilakukan dengan menjual jasa yaitu asuransi. Bahkan di industri kreatifpun sebenarnya bisa tumbuh entreprenuer-entrepreneur muda yang potensial. Seperti yang diutarakan mas Anang, dia memiliki usaha IM:port. Usaha ini adalah agregator musik independent terbesar diIndonesia. Untuk bisa mengembangkan usaha ini, dia harus melakukan roadshow ke daerah2 untuk menjaring seniman-seniman untuk berkarya dan karyanya bisa dipublish secara nasional. Tetapi itu semua tidak akan berhasil jika mereka tidak menjual sendiri produknya. Inti dari permasalahan menjadi entrepreneur adalah pemasaran yang berkesinambungan mulai dari mulut ke mulut sampai iklan berbayar.

Dengan acara ini diharapkan pemuda-pemuda Indonesia khususnya kalangan mahasiswa bisa menjadi entrepeneur yang bisa membuka lapangan pekerjaan tidak hanya menjadi beban bagi bangsa ini. Untuk menjadi bangsa yang besar katanya dibutuhkan 2% entrepreneur sedangkan di indonesia sekarang masih kurang dari 1%. Sebuah angka yang sangat kecil. Oleh karena itu dengan acara ini diharapkan semangat dan motivasi dari para pengusaha sukses yang hadir sebagai pembicara selama sehari ini bisa menggugah semangat kita untuk melanjutkan tongkat estafet memajukan bangsa ini.

Dalam acara ini, diberikan pula penganugerahan wirausaha muda terbaik. Untuk kategori mahasiswa ternyata juara pertama diboyong oleh mahasiswa ITB yaitu mantan presiden KM dan juga mantan tekkim ITB, Dwi Arianto dengan bisnis Minyak Atsiri dan biodiesel.

Acara ini cukup mewah bagi saya dan sangat menjamu tamu. Pembicara-pembicara yang memberi inspirasi dan semangat, makanan yang lebih dari cukup, dan yang penting adalah semangat yang terus dibawa setelah acara ini selesai. Semoga Indonesia menjadi bangsa yang besar dengan diversivitas yang tinggi dan terus meningkat kreatifitasnya dalam hal apapun. Semoga saya juga bisa semakin maju dan memiliki semangat untuk menjadi seorang orang besar. Acara ini ditutup dengan band samsons dan pembagian doorprize. Lagi-lagi grandprize berupa laptop didapatkan oleh anak ITB. Selamat.. selamat..

 
7 Comments

Posted by on December 4, 2008 in diary

 

Tags: , , , , , , ,

7 responses to “Workshop Wirausaha Muda Mandiri di Jakarta

  1. deeto88

    December 4, 2008 at 9:59 am

    sapa yang dapet laptop???

     
  2. weibullgamma

    December 4, 2008 at 10:40 pm

    ikutan workshop juga yah??..

    huhuhuhu…..
    *masih iri dengan yang dapet duit seratus rebu dan tas dari bank mandiri..

     
  3. Ardian Eko

    December 5, 2008 at 5:26 am

    @deeto88, kayanya anak sipil deh.. bagus kalo ga salah namanya

    @weibullgamma, bukan 100ribu boz, tapi 150ribu. hehehe.. pas di bis masih dikasih lagi ama bank mandiri bandung

     
  4. weibullgamma

    December 5, 2008 at 7:03 pm

    pan yang saya tau cuman temen2 yang dari IPB dapet 100 ribu…
    yah saya kagak tau klo temen2 yang di bandung dapetnya 150 rebu…

     
    • Ardian Eko

      December 5, 2008 at 9:08 pm

      Hohoho… brarti bank mandiri bandung baik hati..bisnya juga bagus tuh. Dapet snack waktu berangkat dan pulangnya.

       
  5. wignyo

    December 6, 2008 at 7:25 am

    Lam kenal, wah ternyata ikut workshop WMM juga ya.. Slamat n sukses aja dech.

    Lam kenal, gw wignyo, anak it telkom. Kebetulan kemarin dapat kesempatan untuk ikut acara ini. N kyna kami masih harus dan akan terus belajar dari rekan-rekan semua. Dalam waktu dekat ini rencanany kita mau bentuk kelompok wirausaha muda di it telkom. Klo diberi kesempatan kami mau belajar banyak tentang itu ke rekan-rekan di itb.

    Smoga qt bs bekerjasama lebih erat kemudian hari.

     
    • Ardian Eko

      December 6, 2008 at 9:32 am

      Salam kenal juga. Senang bisa bertemu banyak teman baru di WMM. Kita ternyata tetanggaan ya? Kemarin gw liatnya mas sindi suprayogi itu. Dia kan kakak kelas di SMA. heehe…

      IT Telkom udah mulai bergerak nih. ITB juga ga mau kalah dunk. Ntar sharing2 yah. Kemarin saya dapet duid terus berpikir biar berkesan bagaimana akhirnya saya beli domain dan hosting.😀

      Semoga mendapat manfaat dari situ.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: