RSS

Penerbangan Jogja – Jakarta

27 Dec

Minggu, 26 Desember 2010, saya berkesempatan melakukan perjalanan dari jogja menuju jakarta dengan pesawat. Waktu itu saya menaiki pesawat AirAsia. Jadwal keberangkatan pukul 14.40 dan tiba di jakarta pukul 15.40. Overall, penerbangan berjalan dengan lancar dan tidak ada delay yang berarti. Untuk menjangkau bandara adi sucipto jogja, ada beberapa alternatif kendaraan seperti bus, taksi, kereta, atau ojek.

Saya sampai di bandara jogja sekitar pukul 13.30. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan konfirmasi checkin. Sebelumnya saya sudah melakukan self checkin melalui web sehingga hal yang harus dilakukan adalah meminta verifikasi dari pihak airasia biar sah. Setelah konfirmasi, boarding pass hasil print2an di cap sebagai bukti dokument telah di cek. Kemudian saya keluar lagi menemui keluarga yang akan berpisah selama beberapa bulan.

Sekitar jam 14.00 saya masuk ke ruang tunggu. Sebelum memasuki ruang tunggu, diwajibkan membayar airport tax sebesar 35.000. Mungkin airport tax di soekarno hatta berbeda harganya. Setelah bayar dan menyerahkan bukti airport tax, saya menunggu beberapa lama di ruang tunggu. Pesawatnya belum datang. Ternyata masih mengudara dari jakarta. Pesawat yang saya tumpangi baru sampai sekitar 10 menit menjelang  keberangkatan. Mereka melakukan unload penumpang, membersihkan dalam pesawat, dan mempersilakan kami masuk.

Ketika akan masuk pesawat, ternyata hujan datang. Untungnya pihak maskapai memiliki stok payung yang banyak sehingga kami tidak basah. Saya kebetulan mendapat kursi 11 A jadi bisa melihat secara jelas dari sisi jendela. Saat itu hujan sudah mulai reda namun langit masih gelap. Pesawat akan lepas landas sesaat setelah pramugari memberikan pentunjuk dalam penggunaan safety jika suatu ketika ada masalah.

Pesawat takeoff dengan kecepatan tinggi. Saya masih berhitung, kira2 kecepatan berapa ya pesawat bisa terbang dengan membawa barang dan badannya yang besar itu. Masih saja menjadi pertanyaan yang belum terjawab. Ketika pesawat sudah mulai rada tinggi dan menembus awan, muncullah keadaan yang sangar berbeda. Dibawah yang cukup gelap, diatasnya terang benderang dan sinar matahari cukup menyengat dari dalam pesawat. Bentuk-bentuk awan juga bervariasi sehingga memunculkan imaginasi kalau saja ada negeri awan. Pasti mudah deh cara buat bangunannya (doraemon). Ah, lagi-lagi berimaginasi ga jelas.

Setelah pesawat terbang kira-kira 1 jam, kami siap-siap landing di bandara soekarno hatta. Kami turun di terminal 3. Kalau dilihat sih sepertinya terminal baru. Tapi kata orang tua saya, itu terminal haji. Waktu itu juga kami dijemput oleh bis untuk diantar ke terminal 3. Disana bangunan cukup megah dan masih lengang. Tempatnya masih enak dan luas ga seperti di terminal 1 atau 2. Karena saya harus menunggu teman yang datang dari surabaya menggunakan merpati, maka saya harus meluncur ke terminal 2F.

Perpindahan antar terminal difasilitasi oleh shuttle bus di terminal keberangkatan. Shuttle bus ini tidak usah bayar, yang penting duduk manis dan menunggu sampai di tempat tujuan. Rutenya adalah terminal 1, 2, 3 balik lagi. Setelah urusan di bandara selesai, kami menuju jakarta.

Banyak alternatif menuju jakarta misalnya dengan damri, taksi, atau travel. Untuk damri ke arah gambir, blok M, dll dihargai 20.000. Jika menggunakan travel ada xtrans dengan tujuan semanggi. Kita harus merogoh 25.000 untuk naik travel dari bandara. Jika menggunakan taksi rasanya lebih mahal dan akan timpang sekali harganya (belum pernah coba). Kemarin, kami naik xtrans dari terminal 2F sekitar jam 19.15. Perjalanan cepet banget, ga pake macet. Seru deh kalo gini. Sampai plasa semanggi langsung nonton bola. Eh ternyata kalah 0 : 3.😀

Saya

 
Leave a comment

Posted by on December 27, 2010 in diary

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: