RSS

Tips backup IOS pada IPOD

28 Feb

Pengguna gadget dari Apple biasanya selalu ingin mencoba sesuatu yang baru seperti ugrade firmware / IOS, menjailbreak, atau ngoprek devicenya sampai gila..😀 Bagaimana jika saat kita ngoprek ipod yang sudah di jailbreak tiba-tiba error? Alternatif yang paling mudah adalah dengan merestore ipod seperti semua. Namun sayangnya, apple hanya mengijinkan restore untuk firmware terbaru saja. Hal ini akan menyulitkan ketika apple sedang merilis firmware baru dan belum ada jailbreak nya.

Firmware yang belum ada jailbreaknya hanya bisa diisi dengan itunes dan aplikasi yang berbayar atau gratis secara terbatas. Jadi ga enak dong kalau begitu. Masa cuma bisa mainin game free ama dengerin musik aja? Hahaha… Ga seru..

Untungnya ada yang namanya SHSH dalam aplikasi Cydia. SHSH adalah semacam “surat izin” yang diperlukan untuk melakukan restore ke FW yang tidak diizinkan oleh apple lagi seperti contohnya, saat ini hanya dibolehkan restore ke firmware 4.1 atau 4.2.1, selain dari itu maka kita memerlukan SHSH untuk restore. SHSH mutlak diperlukan jika kita mau downgrade.

Jika sekarang Anda sudah upgrade firmware ke IOS 4.2.1 dan sudah terjailbreak. Anda disarankan untuk melakukan SHSH agar Anda bisa merasa aman ketika mengoprek. Jika ada masalah tinggal restore pakai SHSH dimana IOSnya 4.2.1 (yang sudah ada jailbreaknya). Kalau tidak di SHSH, ketika error Anda bisa saja harus update firmware ke 4.2.2 atau diatasnya yang mana sekarang belum ada jailbreaknya. Sedih deh gan kalau sampai kaya gitu.

Cara mengecek apakah gadget Anda sudah menyimpan SHSH :

  • Buka cydia
  • Lihat di bagian atas, pasti ada tulisan SHSH IOS 4.0, 4.0.2, 4.1, 4.2.1

  • Jika sudah tertulis SHSH : bla bla bla maka Anda tidak perlu ragu ketika harus restore. Tinggal gunakan SHSH niscaya bisa pakai firmware yang sudah ada jailbreaknya.

Bagaimana cara menyimpan SHSH?

  • Buka cydia
  • di halaman depan akan ada ini

  • klik “make my life easier”
  • Slesai deh proses simpan SHSH

ingat! SHSH yang disave hanya yang saat itu diizinkan oleh apple!
jika apple hanya mengijinkan 4.1 dan Anda mau save SHSH 3.1.3 maka tidak akan bisa dilakukan.

Diambil dari lounge mabes ipod kaskus

jadi gini oom.. terkadang kan, tool jailbreak cuma bisa berfungsi di versi firmware tertentu kan.. contoh, blackra1n kerja cuma di 3.1.2, spirit cuma kerja di maksimal firmware 3.1.3 dan jailbreakme yang baru cuma bisa di maksimal versi 4.0.1.

Latar Belakang
Nah, setiap rilis firmware baru, kan Apple ngefix celah yang dipake tool jb supaya di versi latest, tool jb itu ga bisa dipake lagi. Dan para pengguna pas dulu kan coba2 update, terus ga cocok (gara2 ga bisa dijailbreak.. ) terus downgrade lagi. Begitu mudah kan kita maen lompat2 antara zona jailbreak dengan zona resmi. Dulu juga kan, kalo pas beli di firmware versi yang ga ada tool jbnya, kita tinggal downgrade, beres kan.. Apple ga suka nih kek begini.

“Sang Penguasa” bertindak
Apple mikir nih, gimana ya caranya supaya yang udah di versi terakhir, ga bisa seenaknya downgrade ke firmware yang jailbreakable. Jadi, orang2 yang ga sengaja update, yang beli di versi firmware terakhir, ga bisa jailbreak devicenya.. Lumayan kan, ngurangin jailbreaking dikit2..

Satu file yang bikin repot semua orang
Lalu.. di sini lah SHSH berperan. SHSH itu ibarat surat ijin instalasi. SHSH unik setiap device, jadi pengguna ga bisa ngopi SHSH file dari pengguna lain. Gimana cara kerjanya? Jadi di tiap ipod ada yg namanya ECID. nah tugasnya si ECID ini generate ID elektronik unik yang bisa identifikasi setiap iDevice. Jadi prosesnya, “Setiap instalasi firmware di iDevice, harus dapet surat ijin (SHSH) dulu dari Apple, dan Surat Ijin ini cuma dikeluarin oleh Apple”. Makanya setiap update/restore kita mesti konek dulu ke internet, buat minta signing/”surat ijin” dari Apple buat instalasi. Dan untuk mencegah jailbreaking, surat ijin ini hanya dikeluarin kalo si pengguna mau instal latest firmware.

Pejuang kemerdekaan tak tinggal diam
Para jailbreaker tapi lihai2.. mereka mikir, “Kenapa kita ga simpen aja surat ijinnya di suatu server, terus pas apple ga ngeluarin buat versi firmware tertentu, kita masih bisa ngambil dari backup kita di server itu?”. Nah, makanya muncul istilah save SHSH, buat jaga2, kalo2 Apple stop ngijinin instalasi di firmware tertentu, kita masih bisa instalasi karena kita nyimpen surat ijinnya.. . Tapi karena SHSH cuma digenerate sama Apple, jadi ya kalo misalnya sekarang Apple cuma ngijinin instalasi versi 4.0 tapi kita belom ngesave buat versi 3.1.3 ya ga bisa ngesave yg 3.1.3 lagi.. cuma bisa yg buat versi 4.0.

Soal harus apa engga, terserah saja, bisa disimpulkan dari penjelasan di atas..

 
Leave a comment

Posted by on February 28, 2011 in Technology

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: