RSS

Aku dan PAM

29 Mar

Sebenarnya apa sih itu PAM? Menurut definisi yang saya dapat ketika kecil sampai sekarang, PAM adalah Perusahaan Air Minum. Namun dari dulu sampai sekarang apakah PAM itu menyediakan air minum bagi pelanggannya?

Waktu kecil saya tidak pernah memakai air dari PAM karena bau nya kaporit. Lama kelamaan, kami butuh juga karena air sumur rada berbau. Airnya sih tidak berwarna tetapi bau asam seperti ada besinya. Akhirnya kami pasang PAM deh. Selama memakai di Solo pun, tidak ada masalah dengan air PAM. Air nya selalu mengalir setiap saat (tanpa harus ditampung di bak air). Walaupun airnya juga tidak bisa langsung diminum, ok lah yang penting tidak berbau.

Ketika saya di jakarta, sering sekali terkena masalah dengan air PAM. Setiap hari harus siap-siap tidak kebagian air. Kok bisa ya kaya gitu. Saya sedih sekali. Masak kalau malah air tidak bisa nyampai di lantai 2. Padahal tempatnya itu tidak terlalu tinggi. Saya sedih juga kalau malam tidak pernah mendapat air walaupun buat wudhu atau cuci muka. Air disini pun harus sharing dengan penghuni kos yang lain.

Dengan segala problematika yang ada, karena kepadatan penduduk yang berlebihan, mungkin PAM tidak akan bisa memberikan jatah bagi setiap pelanggannya. Akankah hal itu ditolerir terus?

Menilik di website PAM Jakarta, PAM berdiri sudah sejak pendudukan hindia belanda. PAM Jakarta sendiri berdiri ketika aliran sumber di bogor dialirkan ke jakarta. Umur perusahaan ini sudah sekitar 80 tahun namun masih saja jalan ditempat. Kebutuhan air bersih adalah kebutuhan vital bagi masyarakat. Kenapa masih saja belum terpenuhi? Saya sendiri bingung kenapa mereka tidak bisa memenuhi. Padahal banyak cara untuk treatment air (tidak harus berasal dari sumber mata air). Lihatlah di vienna, mereka mengalirkan air bersih malah dari sungai tidak dari pipa.

PAM dengan visi

terwujudnya PAM JAYA sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat DKI Jakarta secara menyeluruh dan berkualitas yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (total quality customer service)

Dari visi tersebut, apakah yang dimaksud dengan air minum? Air yang bisa langsung diminum? atau air yang layak untuk dijadikan airminum? Ah saya tidak habis pikir. Mungkin visi mereka setiap tahun sama dan setiap tahun tidak pernah memberikan air minum (air yang benar-benar bisa langsung diminum). Kalaupun bisa, amankah air pam langsung diminum?

Yang penting, berikan dahulu kecukupan kebutuhan air. Kontinuitas air adalah satu hal yang sangat penting bagi kelangsungan perusahaan. Kamipun butuh Anda, Anda pun butuh kami. Ciptakan win win solution.

 
Leave a comment

Posted by on March 29, 2011 in diary

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: