RSS

Tutorial Posting Blog via Email

11 Apr

Buat blogger yang memakai fasilitas wordpress.com memang sangat dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas yang memudahkan dalam proses posting blog. Terlebih lagi bagi para pengguna internet di Indonesia yang masih terbatas bandwidthnya dan kadang suka disconnect sendiri. Hehehe.. Dengan adanya fasilitas posting via email, diharapkan kita bisa membuat tulisan dahulu offline kemudian tinggal kirim aja via email ke email yang sudah ditentukan. Dalam penulisan posting via email ada format-format khusus yang dapat membedakan mana itu tulisan utama, mana itu tag, mana itu category, mana itu title, dll. Semua sudah dipersiapkan dengan lengkap. Tinggal kemampuan kita saja dalam memaksimalkan penggunaan fasilitas tersebut.

Berikut akan dituliskan tutorial proses membuat posting blog wordpress via email. 

  1. Login terlebih dahulu di admin wordpress untuk menuju ke dashboard blog Anda
  2. Dibagian kiri, klik my blogs untuk menuju ke setting posting via email. Setelah diklik, akan muncul list blog yang Anda miliki. Di kolom bagian kanan, ada kolom Post by Email. Klik enable di kolom post by colom. Kemudian Anda akan mendapatkan alamat email yang digunakan untuk mengirim posting via email. Catat alamat email tersebut untuk posting via email di kemudian hari. Jika Anda ingin menyimpan alamatnya, tinggal di click vCard.

    PENTING!!! Jangan sekali2 memberitahukan alamat email yang dikasih dari wordpress tadi. Jika ada orang lain yang tahu maka orang lain bisa memposting ke blog Anda. Jika ada yang tahu, silakan di regenerate alamat emailnya
  3. Proses setting posting via email sudah selesai. Tinggal Anda membuat posting dan mengirimkan ke email tujuan saja. Maka secara otomatis tulisan Anda akan muncul di blog.

Tips menulis posting via email

Biasanya menulis via email lebih rumit daripada menulis langsung via wordpress. Namun langkah ini saya rasa lebih bagus hasilnya karena tidak khawatir lagi tentang koneksi internet. Maklum masih pakai broadband. Dulu saya pernah kejadian, udah nulis panjang-panjang, eh ternyata ga kesimpen. Autosave draft di wordpress saya tidak berfungsi. Mungkin karena sudah putus. Kalau menulis di email / di word terlebih dahulu, kan lebih fleksible dalam menyimpan tulisannya.

Untuk meminimalisir tinggal kesalahan ketika mengubah email menjadi postingan. WordPress telah menyediakan tag khusus untuk bagian-bagian penting. Beberapa tag yang sering dipakai dalam menulis postingan.

Contoh posting via blog


Hasil di tampilan blog wordpress :

Ketika Read the rest of this entry diklik (single page) :

sumber : Post-By-Email

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 11, 2012 in tutorial

 

Tags: , , , , , ,

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: