RSS

Turnaround Kilang

21 Jun

Turnaround adalah kegiatan maintenance untuk mengembalikan kondisi kilang seperti keadaan awal agar  kilang beroperasi secara optimum. Kegiatan ini dilakukan setiap 3 – 4 tahun sekali. Selain untuk menjaga performa kilang, turnaround ini juga dilakukan untuk memenuhi kewajiban yang telah diatur dalam undang-undang migas. Turnaround merupakan kewajiban bagi setiap unit operasi (kilang) agar proses produksi berjalan secara kontinu dengan biaya maintenance yang tepat.

Kegiatan turnaround diantaranya perbaikan, penggantian, dan inspeksi peralatan-peralatan yang tidak bisa diperbaiki atau diganti ketika unit sedang berjalan. Misalkan saja kolom distilasi, jika ada kerusakan maka harus diperbaiki ketika turnaround. Jika sedang berjalan pastilah tidak bisa. Seorang engineer harus bisa melakukan prediksi kira-kira apa yang harus diperbaiki atau diganti ketika turnaround berlangsung. Perlukah diganti atau hanya cukup diperbaiki dan dibersihkan saja. Setiap engineer harus memiliki sense of equipment. Dia harus mampu mengenali gejala-gejala yang muncul dan memprediksikan kemampuan suatu equipment berjalan dengan baik setelah turnaround sampai turnaround selanjutnya.

Kegiatan turnaround adalah kegiatan yang berlangsung selama 24 sehari dengan durasi yang telah ditentukan apakah mau 20 hari, 30 hari, 40 hari, dll. Pekerjaan turnaround dilakukan secara shift dan melibatkan banyak pekerja outsource dan berbagai kontraktor. Untuk turnaround 1 unit CDU saja dibutuhkan kira2 seribuan pekerja yang akan bekerja selama 21 hari. Sungguh kegiatan yang sangat besar seperti hajatan pernikahan saja. Hehe.. Setiap pekerja bahu membahu untuk menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik dengan zero accident. HSE merupakan kunci utama dalam melaksanakan pekerjaan. Pertamina tidak menolelir adanya kecelakaan kerja didalam kilang. Untuk itu, kepedulian, kerja keras, dan kerja sama yang baik harus menjadi perhatian utama dalam menjaga kilang ini.

Perencanaan turnaround yang sudah dimulai 1 tahun yang lalu akan menuai hasilnya 21 hari kedepan. Jika hasilnya baik, program TA sukses dan kilang akan berjalan dengan performa yang memuaskan tanpa unschedule shutdown dan tanpa kendala yang berarti.

Semoga sukses!🙂

 
2 Comments

Posted by on June 21, 2012 in oil and gas

 

Tags: , , ,

2 responses to “Turnaround Kilang

  1. Fuad Fajri

    June 22, 2012 at 1:06 am

    HSE apaan ndoks

     
    • Ardian Eko

      June 22, 2012 at 7:38 am

      HSE = Health Safety Environment.. Salah satu bagian yang mengurusi masalah Keselamatan dan kesehatan kerja..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: