RSS

Backup Harddisk ketika Sistem Masih Sehat

16 Dec

backup

Komputer memegang peranan yang sangat penting dalam dunia instrumentasi terutama sistem kontrol. Komputer menjadi jembatan antara manual dengan sistem kontrol itu sendiri. Komputer mempermudah manusia melakukan rekayasa sistem kontrol sehingga proses berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Jika komputer rusak maka si operator akan “buta” terhadap sistem operasinya dan akhirnya sistem kontrol dijalankan secara manual kembali seperti jaman batu.

Begitu vitalnya komputer sebagai interface ke sistem (HMI), kita harus senantiasa menjaga performa komputer (HMI) tersebut HMI bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Peranti elektronik seperti komputer memang sangat rentan dengan panas dan jika pemakaian dilakukan secara terus menerus tanpa menjaga kondisi lingkungan seperti suhu udara dan debu2 disekitar lingkungan, komputer akan cepat panas dan akhirnya hang ataupun blue screen.

Hal ini sering dialami untuk komputer-komputer HMI yang digunakan oleh komputer. Jika kondisi lingkungan tidak dijaga dengan baik dan suhu lingkungan kurang dingin, komputer jadi hang dan blue screen. Kondisi seperti ini membuat kita susah melakukan troubleshooting. Mau diapain lagi selain dibersihin dan dicek konektor2nya? Mau diinstal ulang ga mungkin karena ada software HMI yang khusus. Solusi terbaik adalah backup lah terlebih dahulu harddisknya. Jika ada masalah (mungkin masalah di harddisknya) kita tinggal nyari harddisk baru dan di restore backupnya kesitu. Harddisk yang baru tinggal dicolok dan bisa dipakai kembali dengan syarat komputernya harus sama.

Bagaimana cara backupnya? Banyak tool yang bisa buat backup harddisk. Kalau kami biasanya menggunakan Ghost. Aplikasi tersebut dijalankan melalui Hirens bootable jadi backupnya bisa full backup harddisk. Jika masih underwindows maka restorenya pun susah. Selamat mencoba. Untuk softwarenya bisa dicari di internet. Ghost bisa dilakukan under hirens bootable atau miniXP nya hirens bootable. Semua menghasilkan file backup yang sama baiknya.

Selamat mencoba. Troubleshooting is a complicated action…

 
Leave a comment

Posted by on December 16, 2012 in Technology

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: