RSS

Jadi Penjual itu Menyenangkan

19 Jan

Jual beli memang wajar bagi orang yang selalu berinteraksi dan mencari barang dan jasa. Jual beli juga bisa dilakukan oleh siapapun tanpa mengenal suku, agama, ras, umur (kalo disingkat jadi SARU). Jika kita menjadi pembeli pasti kita akan memilih barang / jasa dengan harga semurah-murahnya dengan kualitas setinggi-tingginya. Pasti dong. Kan kita ga mau rugi dengan uang yang kita punya. Kalau jadi penjual, kita harus memberikan servis terbaik dengan harga serendah mungkin (tapi jangan sampai merugikan diri sendiri) agar banyak customer yang mau beli ditempat kita.

Berkecimpung di dunia jual beli sejak masih belia, saya merasa senang kalau menjadi penjual. Loh kenapa kok senang? Kan sulit jadi penjual. Nanti di maki2, ditekan sampe harganya miring sekali, dll. Iya itulah tantangannya. Kalau jadi penjual memang harus memahami pembelinya. Oleh karena itu, dipilihlah jualan yang berhubungan dengan hobi. Biar kita tau seluk beluk dunia jual beli tersebut dan kita tidak mudah tertipu dengan tawaran-tawaran pembeli. 

Jual beli saya memang tak jauh dari bisnis online. Yap karena memang dunia saya dipenuhi oleh dunia maya dan saya banyak melibatkan diri disana. Lagipula dulu modal masih kecil untuk buka jual beli offline dan ga ada keberanian memasarkan produk. Hehehe.. Kalau di dunia online, paling kan via sms, chat, atau telp. Kalaupun mau COD kan barangnya sudah ok duluan. Jadi saya tidak akan ragu-ragu kalau ada transaksi via online.

Dulu ketika jualan perdana xl, sangat menyenangkan. Banyak yang nyari namun stoknya tipis. Nyari perdana di kaskus kebanyakan mahal. Akhirnya ada seller orang medan, walaupun agak2 cemas tapi akhirnya perdana sampai. Dalam waktu 1 minggu, perdana tersebut habis. Ntah produknya yang menyenangkan atau cara jualan saya yang sangat memuaskan, tapi itulah respon mereka terhadap produk yang saya jual.

Lain dulu lain sekarang, sekarang saya mulai merambah dunia full online. Tidak ada COD dan ketemuan. Adanya cuma komunikasi via YM ataupun sms. Pembayaran dilakukan secara transfer ke bank indonesia atau via paypal. Tak ada keraguan dalam melakukan jual beli tersebut. semua bermodal saling percaya dan berada dalam satu payung forum yang sama. Jualan didalam forum memang menyenangkan. Target marketnya jelas. Orangnya juga pasti sudah banyak tahu tentang apa yang kita jual. Jadi kita tinggal mempermainkan profit dengan tepat. Seperti pada lapak saya di forum ads-id tersebut. Baru sebulan sudah membukukan 50 transaksi dengan nilai total $300. Memang kecil sih. Ya memang kecil lha emang domain harganya < $10. Tapi sedikit demi sedikit akhirnya bisa jadi pengelola domain mungkin nantinya. Hehehe..

Berjualan itu memang menyenangkan. Saya merasakan sendiri. Ketika transaksi sudah selesai, mereka banyak yang bilang terima kasih. Itu sudah sangat melegakan. Meskipun saya harus berjibaku mencarikan domain yang termurah dengan kupon terbatas, hal tersebut bisa saya lakukan karena memang hal itu menyenangkan. Mencarikan yang terbaik kepada pelanggan.

Namun terkadang, menjual barang via online kadang sulit juga. Diperlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit pula. Seperti kita main adsense ataupun amazon. Sebulan pertama dapat profit tapi bulan2 berikutnya kok tidak ada profit. Ya keuntungan memang sangat ditentukan dengan kegigihan pemiliknya. Dan saya kan selalu ingat bahwa 9 dari 10 pintu pendapatan itu ada di perniagaan. Jadi ayo kita ubah diri kita jadi seorang pembeli yang konsumtif menjadi penjual yang innovatif.🙂

 
Leave a comment

Posted by on January 19, 2013 in diary

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: