RSS

Monthly Archives: August 2014

Happy 1st Wedding Anniversary

Hari berganti hari, bulan berganti bulan. Tak terasa sudah 1 tahun usia pernikahan kami. Semoga senantiasa diberi kelancaran dan kebahagiaan dalam membina rumah tangga ini.

Happy 1st Wedding Anniversary

13-08-13 | 13-08-14

1 tahun yang lalu...

1 tahun yang lalu…

Tak lupa diucapkan terima kasih kepada Istri tercinta yang selalu menemani setiap hari. Hidup bersama itu nikmat. Kalau sudah menikah, hiduplah bersama agar selalu bahagia. 🙂

 
Leave a comment

Posted by on August 13, 2014 in diary

 

Buah-buahan dan Sembako

Semenjak berkeluarga, kami jadi sering beli buah. Penjual buah di palembang ini hanya di pasar, di supermarket, dan di pinggir jalan. Biasanya kami beli buah di supermarket sekalian belanja yang lain. Kalau di pasar aksesnya sulit. Selain harus pagi, bisanya hanya hari sabtu atau minggu.

Sekarang ini di supermarket banyak jual mangga. Sepertinya dulu waktu masih di jawa, harga buah-buah itu ga semahal disini. Bahkan harga mangga harum manis super disini bisa sampai 40ribuan/kg. Sebenarnya wajar ga sih semahal iti harganya? Kalau dilihat-lihat harga buah di supermarket memang berkisar 20ribu – 50ribu / kg. Ya mungkin ada benarnya sih karena buah-buahan harus dikirim dari jawa. Ongkos transport yang tinggi mungkin meningkatkan harga jual buah di tingkat konsumen.

Lain lagi dengan buah duku. Katanya disini ada buah duku komering. Produksinya ada disekitar sumatra selatan. Harga disini kira-kira 10ribuan. Kalau sudah musim panen duku, dipinggir jalan harga bisa cuma 10ribu/3kg. Waktu itu saya tanya harga duku di jawa harganya bisa sampai 25ribu/kg. Jadi memang ongkos kirim memberikan andil besar dalam peningkatan ongkos produksi buah-buahan di Indonesia. Jika jawa palembang cuma 700-1000 km. Gimana kalau buah-buahan tersebut dikirim dari jawa ke papua ya? Jadi berapa kali lipat harganya. Alhamdulillah masih diberi kemudahan dalam menikmati buah-buahan. 🙂

Lain buah lain beras. Disini beras yang wangi agak sulit dicari. Apalagi beras yang kaya di jawa. Kalau beli beras di supermarket yang berkualitas harganya juga mahal. Misal ada beras rojolele di supermarket. Harga per 5kg bisa sampai 100ribu. Jadi harga beras rojolele mencapai 20ribu/kg. Nah kira-kira harga beras seperti itu di jawa berapa ya? Taksiran saya sih paling separo harga saja. Sisa harganya ongkos kirim dari jawa ke palembang. Hehe.. Kalau memang estimasinya tepat, mending kirim aja langsung dari jawa. Lebih baru dan lebih njawani rasanya. Kalau di supermarket bisa jadi udah lama dan udah lewat banyak tangan. 😀

Siapa yang mau jadi supplier? Hahaha..

 
Leave a comment

Posted by on August 10, 2014 in diary

 

Game Online – Bangun Pembangkit Listrik

Kemarin iseng-iseng buka kaskus untuk cari hiburan biar ga melulu berita pilpres, tiba-tiba terlintas web based game. Waktu dilihat di list nya ada namanya power matrix game. Game ini berkisah dalam membangun pembangkit listrik untuk menyediakan supply listrik ke suatu kota. Pembangkit listrik yang dibangun bisa bervariasi.

powermatrixgame.com

Untuk memainkan game tersebut cukuplah mudah. Saat pertama main, ada tutorial sampai step 10. Nanti membangun pembangkit batubara, pembangkit gas turbin, pembangkit tenaga air, dan membangun jaringan listriknya (grid operation center). Seiring berkembangnya jumlah penduduk di suatu kota, diperlukan semakin besar energi listrik. Oleh karena itu, pembangkit listrik harus di upgrade dan melakukan efisiensi dengan melakukan research.

Game ini infonya diinisiasi oleh siemens. Didalam game tersebut nama R&Dnya juga siemens R&D center. Hehe.. Selama ini ga pernah main game online, nemu game jadi rajin mainnya. Ga perlu mantengin game ini setiap saat. Cek aja kalau lagi pengen dicek. Yang penting disediain listrik yang cukup biar tingkat kepuasan tinggi, banyak penduduk, dan dapat banyak pemasukan.

Gimana kalau supplynya kurang? Nanti penduduk bakal turun. Biar ga kurang, bisa minta supply dari orang lain dengan cara kontrak beli listrik.

Ga perlu lama-lama, coba aja. Elektro banget..  😀

 

 
Leave a comment

Posted by on August 9, 2014 in diary

 

Tags: , ,