RSS

Tag Archives: palembang

Pindah Ke Balikpapan

Untuk mengisi waktu dikala senggang ini, saya berusaha menulis lagi beberapa cerita singkat, bukan tema yang berat. Diawali dengan pindah tugas saya ke Balikpapan mulai desember 2016, akhirnya saya dirilis untuk pindah pada 1 Mei 2017 (hari buruh neh bos). Sebenarnya balikpapan bukan kota yang asing bagi saya karena sudah beberapa kali berkunjung walaupun paling 2 – 3 hari.

Menurut saya kota nya lebih tertata, lebih rapi, dan lebih bersih. Jalanan masih lancar dan ini bener-bener pinggir laut. Dulu waktu di palembang, rumah kami juga dekat laut. Lautnya tawar dan sering dilewati kapal cargo. Laut itu namanya Laut Musi (baca : sungai musi). Berhubung sungainya lebar sekali maka orang di palembang menyebutnya laut.

Balikpapan ini memang terletak di pinggir laut. Suasananya udah kaya liburan aja gara-gara lihat laut. Hehe.. Yang lebih sedap dipandang itu kalau sedang di komplek Pertamina yang gunung Dubbs, disana bisa melihat laut dan kota balikpapan. Terhampar lautan luas dengan kapal dan rig-rig pengeboran minyak. Seru lah pokoknya. Namun sayangnya, belum bisa tinggal didekat area situ. Belum cukup nilainya. Hehehe… Akses dari Bandara ke komplek Pertamina tidak jauh. Hanya 30 menit. Pokoknya di balikpapan itu udah kaya di Solo aja. Kemana-mana dekat, nggak macet, adanya hutan kota juga membuat suasana di sekitar komplek masih terasa kaya di desa.

Akan tetapi, katanya hidup di Balikpapan itu butuh biaya yang tinggi. Baru 2 minggu disini, kalau makan siang rata-rata 20ribuan. Itu dengan makan standard.. Makan malam sama aja. Beli soto banjar juga sekitar segitu. Tapi kalau belanja raw material kaya sayur, daging potong gitu harganya relatif sama dengan supermarket. Jadi ya sudah biasa dengan harga2 segitu. Tapi jangan dibandingin sama harga di pasar di Jawa ya.. Pasti beda banget… Dimanapun berada, mungkin jawa yang paling enak lah.. Mantappppps

Palembang Desember 2011 – Maret 2017

Balikpapan Mei 2017 – ~

 
1 Comment

Posted by on May 25, 2017 in diary

 

Tags: , ,

Aplikasi itu bernama GOJEK

gojekYupz,, semua pasti sudah tahu apa itu GOJEK. Di jalanan pasti sangat jelas terlihat dari pandangan mata karena menggunakan jaket hijau daun dengan helm berwarna hijau pula. Di dunia maya, Gojek menjadi pelopor aplikasi ojek online yang menghubungkan customer dengan pengendara dalam satu aplikasi.

Ide dari aplikasi itu sebenarnya sederhana saja, dimana ada kebutuhan akan transportasi yang cepat dan tidak perlu nawar-nawar lagi dan sudah masive nya ojek-ojek pangkalan di kota besar. Bisa dilihat di setiap halte busway, setiap pintu masuk kompleks, pasti ada ojek pangkalan yang siap sedia nganterin. Sebagai pendatang baru mungkin agak takut naik ojek. Takut bayarnya kemahalan. Hehe.. Dengan adanya aplikasi ini, harga sudah pasti dihitungkan oleh aplikasi berdasarkan jarak. Jadi semacam argo kalau di taksi. Dengan begitu, untuk masyarakat muda yang pengen nggak ribet dan cepet pasti sangat terbantu. Tinggal order di aplikasi, ojek menghampiri tanpa tawar menawar lagi. Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on February 29, 2016 in diary

 

Tags: ,

Sepedaan Minggu Pagi

Hari ini mungkin hari spesial karena hari ini saya tiba-tiba pengen sepedaan. Di hari minggu yang sejuk setelah semalam hujan, muncul keinginan untuk bersepeda ke ampera. Melihat situasi diluar sana setelah sekian lama ngumpet di kompleks terus. Udara pagi ini memang sangat bagus untuk berolahraga. Tidak terlalu panas, udara masih basah, jalanan masih sepi.

Perjalanan dimulai pukul 05.45 pagi. Saya naik sepeda sendirian dengan rute yang belum ditentukan. Setelah keluar kompleks, akhirnya diputuskan untuk menuju ke ampera. Pengen lihat jembatan ampera di pagi hari. Hehe.. Saya menuju ampera dengan sepeda putih yang sudah dilengkapi dgn spabor (kalo basa jawa itu slebor) biar air dari roda tidak mengotori baju. Saya melintasi jalan utama yang sudah agak ramai dengan lalu lalang mobil dan sepeda motor. Tak terlihat sepeda meramaikan jalanan itu. Hanya anak-anak kecil yang sepedaan disekitar rumah mereka.

Masjid agung palembang

Masjid Agung Palembang dekat Jembatan Ampera

Sesampai di ampera, saya hanya muterin benteng kuto besak dilanjutkan foto-foto sebentar di jembatan ampera. Suasananya masih sejuk dan segar. Di ampera banyak orang yang bersepeda. Apalagi tadi ada acara gowes bareng alfamart. Ahh,, harusnya ikut. Sayangnya info tersebut telat didapat. Hehe.

Jembatan ampera

Jembatan ampera dan Pasar 16 Ilir

Setelah foto-foto, saya pulang menyusuri jalan yang sama. Sebelum sampai di kompleks, mampir dulu ke pasar beli sayur dan tempe. Hehe.. maklum anak kosan jadi pengen masak sendiri. Sesampai di flat, saya melihat hasil rute perjalanan saya di endomondo, dan hasilnya wow, tak terasa saya sudah bersepeda 1 jam 25 menit dengan jarak tempuh 21.9 km.. Ternyata jauh juga ya kompleks – ampera itu. Sekitar 10 km. Apalagi kalau mau ke pusri. Hadoh,, lempoh deh. Mending naik kapal dulu nyebrang musi. 😀

 
Leave a comment

Posted by on October 21, 2012 in diary

 

Tags: , , ,

Angkot Ajeb-Ajeb di Palembang

Palembang memang kota internasional. Kota yang penuh pesona dengan adanya sungai musi, stadion megah jakabaring, kilang pertamina, pupuk pusri, mall dan hotel bertebaran. Sungguh kota yang bagus nian. Saat ini saya belum ingin menyoroti kemegahan kota tersebut. Saya ingin melihat terlebih dahulu sistem transportasi di kota ini. Untuk transportasi darat, di kota ini ada transmusi, bus kecil, angkot. Pertama naik transmusi cukup nyaman. Ga sampai sesak-sesakan seperti di transjakarta. Busnya juga kecil seperti transjogja atau BST milik Solo. Rute transmusi muter-muter yang kadang tidak efektif jadi bisa menghabiskan waktu di jalan.

Alternatif transportasi darat di dalam kota adalah angkot. Kalau dari komplek sini ke palembang biasanya dilayani oleh angkot plaju – ampera. Yang saya suka dari angkot ini adalah mereka tidak ada istilah ngetem. Mereka selalu berpikir untuk segera mengantarkan penumpang dengan selamat sesegera mungkin. Angkot disini cukup banyak. Karena persaingan itulah kemungkinan mereka harus memberikan servis yang baik. Hehehe.. *analisa lebay*.  Read the rest of this entry »

 
5 Comments

Posted by on January 22, 2012 in diary

 

Tags: , , ,