RSS

Tag Archives: pertamina

Pindah Ke Balikpapan

Untuk mengisi waktu dikala senggang ini, saya berusaha menulis lagi beberapa cerita singkat, bukan tema yang berat. Diawali dengan pindah tugas saya ke Balikpapan mulai desember 2016, akhirnya saya dirilis untuk pindah pada 1 Mei 2017 (hari buruh neh bos). Sebenarnya balikpapan bukan kota yang asing bagi saya karena sudah beberapa kali berkunjung walaupun paling 2 – 3 hari.

Menurut saya kota nya lebih tertata, lebih rapi, dan lebih bersih. Jalanan masih lancar dan ini bener-bener pinggir laut. Dulu waktu di palembang, rumah kami juga dekat laut. Lautnya tawar dan sering dilewati kapal cargo. Laut itu namanya Laut Musi (baca : sungai musi). Berhubung sungainya lebar sekali maka orang di palembang menyebutnya laut.

Balikpapan ini memang terletak di pinggir laut. Suasananya udah kaya liburan aja gara-gara lihat laut. Hehe.. Yang lebih sedap dipandang itu kalau sedang di komplek Pertamina yang gunung Dubbs, disana bisa melihat laut dan kota balikpapan. Terhampar lautan luas dengan kapal dan rig-rig pengeboran minyak. Seru lah pokoknya. Namun sayangnya, belum bisa tinggal didekat area situ. Belum cukup nilainya. Hehehe… Akses dari Bandara ke komplek Pertamina tidak jauh. Hanya 30 menit. Pokoknya di balikpapan itu udah kaya di Solo aja. Kemana-mana dekat, nggak macet, adanya hutan kota juga membuat suasana di sekitar komplek masih terasa kaya di desa.

Akan tetapi, katanya hidup di Balikpapan itu butuh biaya yang tinggi. Baru 2 minggu disini, kalau makan siang rata-rata 20ribuan. Itu dengan makan standard.. Makan malam sama aja. Beli soto banjar juga sekitar segitu. Tapi kalau belanja raw material kaya sayur, daging potong gitu harganya relatif sama dengan supermarket. Jadi ya sudah biasa dengan harga2 segitu. Tapi jangan dibandingin sama harga di pasar di Jawa ya.. Pasti beda banget… Dimanapun berada, mungkin jawa yang paling enak lah.. Mantappppps

Palembang Desember 2011 – Maret 2017

Balikpapan Mei 2017 – ~

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on May 25, 2017 in diary

 

Tags: , ,

Turnaround Kilang

Turnaround adalah kegiatan maintenance untuk mengembalikan kondisi kilang seperti keadaan awal agar  kilang beroperasi secara optimum. Kegiatan ini dilakukan setiap 3 – 4 tahun sekali. Selain untuk menjaga performa kilang, turnaround ini juga dilakukan untuk memenuhi kewajiban yang telah diatur dalam undang-undang migas. Turnaround merupakan kewajiban bagi setiap unit operasi (kilang) agar proses produksi berjalan secara kontinu dengan biaya maintenance yang tepat.

Kegiatan turnaround diantaranya perbaikan, penggantian, dan inspeksi peralatan-peralatan yang tidak bisa diperbaiki atau diganti ketika unit sedang berjalan. Misalkan saja kolom distilasi, jika ada kerusakan maka harus diperbaiki ketika turnaround. Jika sedang berjalan pastilah tidak bisa. Seorang engineer harus bisa melakukan prediksi kira-kira apa yang harus diperbaiki atau diganti ketika turnaround berlangsung. Perlukah diganti atau hanya cukup diperbaiki dan dibersihkan saja. Setiap engineer harus memiliki sense of equipment. Dia harus mampu mengenali gejala-gejala yang muncul dan memprediksikan kemampuan suatu equipment berjalan dengan baik setelah turnaround sampai turnaround selanjutnya.

Kegiatan turnaround adalah kegiatan yang berlangsung selama 24 sehari dengan durasi yang telah ditentukan apakah mau 20 hari, 30 hari, 40 hari, dll. Pekerjaan turnaround dilakukan secara shift dan melibatkan banyak pekerja outsource dan berbagai kontraktor. Untuk turnaround 1 unit CDU saja dibutuhkan kira2 seribuan pekerja yang akan bekerja selama 21 hari. Sungguh kegiatan yang sangat besar seperti hajatan pernikahan saja. Hehe.. Setiap pekerja bahu membahu untuk menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik dengan zero accident. HSE merupakan kunci utama dalam melaksanakan pekerjaan. Pertamina tidak menolelir adanya kecelakaan kerja didalam kilang. Untuk itu, kepedulian, kerja keras, dan kerja sama yang baik harus menjadi perhatian utama dalam menjaga kilang ini.

Perencanaan turnaround yang sudah dimulai 1 tahun yang lalu akan menuai hasilnya 21 hari kedepan. Jika hasilnya baik, program TA sukses dan kilang akan berjalan dengan performa yang memuaskan tanpa unschedule shutdown dan tanpa kendala yang berarti.

Semoga sukses! đŸ™‚

 
2 Comments

Posted by on June 21, 2012 in oil and gas

 

Tags: , , ,

Belajar Main Bowling

bowlingBowling adalah salah satu olahraga mengglindingkan bola dalam papan panjang untuk menjatuhkan pin-pin yang ditata berjumlah 10 biji. Bowling memang bukan olahraga yang bisa bikin keringetan sampe bercucuran. Biasanya untuk melatih kesabaran dan ketepatan dalam melempar bola sehingga bisa semua pin jatuh. Semakin banyak pin yang jatuh semakin banyak nilai yang didapat. Semakin cepet habis pin nya semakin besar nilainya. Apalagi sekali lemparan langsung jatuh semua. Wow sekali pokoknya.. Read the rest of this entry »

 
6 Comments

Posted by on May 25, 2012 in diary

 

Tags: , , , ,

Semangat Terbarukan..

Tanggal 17 Agustus 2011, perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 66. Hari kemerdekaan ini sangat berbeda dibanding perayaan kemerdekaan tahun-tahun sebelumnya bagi saya. Tahun ini saya mulai pendidikan sebagai pekerja Pertamina. Ada banyak hal yang dapat diambil dari perjalanan saya yang baru 2 minggu ini. Salah satunya pada hari ini, 17 agustus 2011.

Hari ini saya mengikuti upacara bendera di kantor pusat Pertamina di Jakarta Pusat. Upacara pertama diperusahaan negara sekaligus upacara pertama setelah bertahun-tahun tidak upacara. Rasanya sudah 4 tahun saya tidak pernah upacara. Upacara terakhir waktu masuk kuliah pertama. Upacara di pertamina dihadiri oleh para pekerja, jajaran direksi, dll dan Bu Karen sebagai inspektur upacara.

Setelah upacara, kami diundang untuk mengikuti sesi motivasi renewable spirit / semangat terbarukan oleh Bp. Ary Ginanjar – ESQ Leadership. Cerita hari ini adalah tentang seekor kupu-kupu dan elang. Menurut penelitian, kupu-kupu bisa terbang setelah melewati proses yang panjang dimulai dari telor, ulat, kepompong, dan kupu2. Jika setiap proses ini tidak dijalani dengan baik, maka hasil akhirnya tidak akan baik.

Berdasarkan penelitian, ketika si ulat menjadi kepompong dan akan menjadi kupu2. Mereka berusaha keras dalam merusak balutannya. Ketika kopompong itu mampu merusak balutan dirinya maka dia bisa terbang dengan sehat dan semangat. Jadilah kupu-kupu yang menarik dan bisa terbang kesana kemarin. Perlakukan berbeda dilakukan ketika si kupu-kupu sedang berusaha merobek balutan kepompongnya itu. Ketika itu, kepompong dibantu membuka balutannya dengan menggunting balutan. Hasilnya kupu-kupu itu bisa terbang gembira namun dia tidak bisa terbang lama karena sayapnya kita kuat. Dia lemah karena tidak ada usaha dalam membuka sayapnya. Pada akhirnya kupu-kupu yang tidak bisa terbang tersebut akan mati seiring berjalannya waktu.

Lain lagi dengan cerita elang, Elang adalah burung yang memiliki masa hidup terpanjang. Bisa sampai 70 tahunan. Namun ada fakta menarik dari elang tersebut. Ketika dia umur sekitar 40 tahun, paruhnya sudah mulai memanjang dan dia tidak bisa menggigit mangsanya. Paruh ini menghalanginya makanan yang akan masuk ke tubuhnya. Selain itu, cakarnya juga sudah mulai lentur karena semakin panjang kukunya. Cakar yang lentur ini membuat si elang mengalami kesulitan dalam mencengkeram mangsanya. Apa yang akan dilakukan si elang? ketika umur 40 tahun, jika dia tidak melakukan perubahan maka dia tidak akan bisa bertahan sampai umur 70an. Jika tidak melakukan perubahan yang fundamental, dia akan segera mati. Dia tidak bisa mencari makan, dia juga tidak bisa memakan mangsa.

Akhirnya si elang tersebut merenung ke puncak bukit. Dia harus mencari cara untuk memperbaiki bentuk paruh dan cakarnya. Si elang membutuhkan waktu 150 hari untuk melakukan perubahan. Dia harus mematuk-matukkan paruhnya ke batu agar paruhnya tanggal. Dia berusaha melakukan seperti ini demi bertahan hidup lebih lama. Ketika paruhnya tanggal, dia menunggu sampai paruh itu tumbuh lagi seperti ketika dia masih muda. Paruh yang lancip dan siap memangsa hewan buruannya. Setelah paruhnya tumbuh, selanjutnya dia memperbaiki cakar yang sudah panjang itu. Cakar-cakarnya dia tumbukkan dengan batu pula sehingga tanggal. Setelah cakar tumbuh seperti waktu muda, dia bersiap turun gunung dengan spirit baru. Paruh yang lancip, cakar yang kuat, dan siap mencengkeram mangsa dimanapun berada.

Jadi apa esensi dari kedua cerita tersebut? Yap, untuk bisa bertahan haruslah melakukan perubahan. Terkadang perubahan itu memang berat dan membutuhkan effort yang tinggi. Seperti cerita kupu-kupu, perubahan membutuhkan usaha yang keras dalam menghancurkan selimut kepompongnya. Semangat ini harus dijaga agar transformasi bisa berjalan dengan sukses sesuai tujuannya yaitu menjadi kupu-kupu. Selain itu, perubahan juga berat dan kadang menyakitkan. Perubahan memang tidak mengenakkan dan membutuhkan waktu panjang. Seperti burung elang, dia rela menyakiti diri sendiri demi perubahan dan membutuhkan waktu yang lama untuk menumbuhkan paruh dan cakar barunya tersebut. Perubahan memang berat. Tanpa ada landasan dari dalam diri sendiri, perubahan akan sulit untuk direalisasikan menjadi kenyataan. Setelah perubahan itu berjalan dengan sukses, maka muncullah semangat terbarukan. Semangat yang menggelora di dada dan bersiap menghadapi kehidupan yang semakin berat.

Terkadang ketika ada perubahan, ada individu-individu yang tidak siap. Dia menjadi resistant terhadap perubahan. Dia menjadi pengendur semangat bagi individu lain yang ingin melakukan perubahan. Dia sudah berada di zona nyaman dan tidak ingin berubah. Padahal, waktu itu tidak ada yang sama. Dalam agamapun dikatakan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Jikalau hari ini sama saja dengan kemarin maka merugilah orang itu. Jadi marilah kita menjadi semangat terbarukan.. Semangat yang membara dalam jiwa. Semangat yang tak pernah padam dalam menghadapi  proses perubahan dan kehidupan. Semangat untuk membangkitkan bangsa yang sedang tertidur ini. Semangat dalam meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Semangat dalam menghasilkan kebanggaan bagi bangsa ini.

Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kami akan membuat setiap rakyat Indonesia bangga!

MERDEKA!!

 

 
4 Comments

Posted by on August 17, 2011 in diary

 

Tags: , , , , , , , ,