RSS

Tag Archives: handphone

Bagaimana ya kalo hidup sehari tanpa teknologi

Pernah saya melihat orang yang sangat maniak dengan teknologi, memaki-maki karena listrik mati, jadi bingung karena handphone mati, resah karena internet mati. Yah itulah realita. Saya juga tak tahu bagaimana mereka memandang sebuah teknologi. Saya hanya beranggapan pasti teknologi akan sangat membantu kehidupan kita. Itu sudah tentu.

Terus bagaimana ya kalau saja kita hidup sehari saja tanpa teknologi? Kalau itu benar terjadi, mungkin karena listrik mati atau alat elektroniknya sedang rusak, bagaimana nasibnya bagi orang yang gila teknologi ya? Pasti akan sangat bimbang dan merasa hidup ini terasa sangat lama.

Padahal saya melihat sendiri, ketika listrik ITB mati dari pagi sampai sore, teman-teman di himpunan itu lebih bersosialisasi dengan temannya. Mereka membentuk suatu grup untuk bermain bersama, ntah itu main catur, main kartu, atau sekedar baca-baca. Akan tetapi kalau listrik nyala pasti mereka berhadapan dengan komputer. Tentu saja dunia maya lebih menggoda.

Bagaimana dengan barang elektronik yang tak bisa lepas dari genggaman? Sebut saja handphone. Saya melihat ada seseorang yang maniak sekali dengan handphonenya. Ntah karena katrok atau emang sangat memanfaatkan teknologi tersebut. Dia itu selalu memasang headset ditelinganya. Mendengarkan musik sampai diajak bicarapun ga denger. Terus kebiasaannya smsn terus. Ga tau sama siapa aja yang disms tapi ada aja yang dia sms. Terus kalau batereinya udah low gitu dia jadi bingung tampak seperti handphone tu nyawanya. Hmm.. Ga tau apa yang dia pikirkan. Apakah ini yang dinamakan kecanduan teknologi.

Kalau saya sendiri, handphone ga ada ga masalah, internet ga ada ga terlalu masalah, terus kalau laptop ga ada rasanya ada yang kurang karena kerjaan dan hiburan ada disitu semua. Apakah ini juga candu teknologi? Sehari tanpa teknologi? Pasti saya akan jalan-jalan naik motor. Menikmati indahnya dunia tanpa ada yang mengganggu karena ga ada sms atau telpun. (emang siapa yang sms??)

Bagaimana kalau Anda tak menggunakan teknologi dalam satu hari? Hanya Anda yang bisa merasakan?

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on May 30, 2008 in diary

 

Tags: , ,

Lunturnya Tenggang Rasa Sesama

Pada suatu hari, teknologi mengubah kehidupan seseorang. Ntah itu tua, muda, laki, perempuan, semua larut dalam kehadiran teknologi tersebut. Salah satu teknologi yang mampu melakukan itu adalah handphone. Sejak kehadiran handphone, banyak orang yang merasakan manfaatnya tapi ada juga yang mendapatkan pahitnya. Kenapa? Karena dengan handphone semua bisa mudah terlaksanakan tetapi dengan kehadiran itu pula rasa peduli, tenggang rasa, dsb akan mulai luntur.

Toh dengan handphone, gue ga usah kesana. Bisa langsung telpun. Sms pun jadi. Murah meriah lagi!

Akan tetapi hal tersebut menurut saya kurang berkenan. Walaupun teknologi sudah canggih, kita juga harus melakukan tatap muka secara langsung. Apalagi dengan boomingnya instant messenger di handphone seperti MXIT, MIG33, EBUDDY, SHMessenger, dll, rasanya handphone menjadi segalanya. Baterei abis langsung bingung. Emang sih saya juga mengalaminya. Tetapi bisa tau diri lah. Masa dimana aja, kapan aja pegang hape pencet-pencet keypad. Ga etis banget kan? Apalagi waktu kuliah. Kalo saya sih cuma kalo di kos atau lagi ga ada kerjaan. Apalagi tarif telpun dan sms yang semakin murah ini, semoga tidak merusak generasi bangsa karena sibuk ngurusi handphonenya.

Pernah suatu ketika, saya jengkel banget dengan seseorang gara2 IM tersebut. Kita lagi ngomong-ngomong penting, eh ternyata dia lagi asik chatingan ma orang di sono. Dia senyam-senyum terus kirain tertarik ma apa yang saya omongin eh ternyata senyum ma IMnya. Saya pun harus mengulang kata-kata saya dua kali karena dia ga fokus. Jawabannya pun slenco (jawaban ga pas ma pertanyaan). Gimana coba perasaan Anda kalo seperti itu?

*sedihdansenangmenyatudenganhandphone*

 
2 Comments

Posted by on April 16, 2008 in diary

 

Tags: , , ,